codec opus sekarang sudah bisa di gunakan di 3CX

150 150 admin

Di latar belakangi oleh perkembangan webRTC (web real time communication) dengan menggunakan codec OPUS, 3CX mengadopsi codec tersebut untuk dapat jalan di 3CX PBX.

Apa itu sebenarnya OPUS?

Opus adalah salah satu codec yang dapat menjangkau aplikasi dari bandwidth yang rendah hingga berkualitas CD. lebih efisien dari hampir semua codec yang ada di setiap level serperti yang dapat di tunjukkan pada grafic dibawah ini :

codec-opus

Dari grafik tersebut anda bisa melihat perbandingan high end antara music: MP3, AAC, dll. Opus bukan HD ada codec lebar- band seperti G722, tetapi agak full band atau super-wideband. Jika G722 sebanding dengan televisi HD, Opus High end sebagai 4 K/ Ultar HD.

Dalam hal latency yang di perkenalkan oleh opus, sama bagusnya atau lebih baik dari pada codec lainnya, namun dapat di gunakan di berbagai macam aplikasi dari VOIP melaui streaming dan speaker nircable hingga gangguan music jarak jauh. Tentu saja ini juga harus mendukung stereo juga.

Terlampir gambar perbandingan opus dengan codec lainnya:

Opus adalah standard IETF seningga tidak ada license atau gratis. Hal yang sangat menguntungkan jika menggunakan Opus adalah mode yang dapat bergeser secara dinamis (bit rate nya). Dalam kasus aplikasi VOIP, berarti dapat beradaptasi terhadap perubahan dalam jaringan baik itu beroperasi pada bit rate yang sesuai untuk bandwidth yang tersedia atau bandwidth yang tersedia jika barubah dan juga dapat mengkoreksi paket loss melalui forward error correction.

Agar Opus mengerti tentang perubahan jaringan, RTCP harus di aktifkan di kedua arah.

Pertimbangkan contoh2 panggilan suara opus dalam berbagai kondisi:

Uncompress speech (G711 pada 64kb/dtk)

Narrowband Opus di 8kb/dtk

Wideband Opus di 16kb/dtk

Fullband Opus di 32kb/dtk

lalu bagaimana dengan packet loss? terlampir contoh paket loss 30%

Super-wideband Opus di 24kbps dengan packet loss 30%

Super-wideband Opus di 24kbps dengan packet loss 30% tetapi dengan koreksi kesalahan maju diaktifkan

dengan paket loss 30% itu akan membuat sebagian besar panggila voip menjadi tidak mungkin, bayangkan dampak ini dapat terjadi pada pada system pbx anda?

Bit-rate berubah secara dinamis dari narrowband 8kb / s menjadi 64kb / s

Jadi tunggu apa lagi? ayo beralih ke Opus codec untuk kualitas yang lebih baik!