voipcall

VoipCall 3CX SIP Trunk Provider Indonesia

527 315 admin

VoIPCall merupakan 3CX SIP Trunk provider di Indonesia yang sudah memperoleh sertifikat dan lulus uji test interopability oleh Tim 3CX.

Tanpa perlu melakukan konfigurasi secara manual, Anda sudah dapat melakukan konfigurasi sendiri pada 3CX PBX anda dengan SIP Trunk Template yang sudah di sediakan oleh 3CX. 

Bagaimana Cara melakukan konfigurasi? 

  1. Sebelum anda melakukan konfigurasi VoipCall 3CX SIP Trunk Provider Indonesia Anda harus memastikan konfigurasi NAT (Port Forwarding) pada firewall/router anda telah  di buka. untuk list port forwarding bisa di lihat disini.
  2. Melakukan  pemeriksaan Firewall untuk memeriksa apakah firewall atau router anda telah mengizinkan lalulintas data VoIP ke internet. Konfigurasi sistem 3CX mengharuskan port tertentu untuk di buka agar phone system dapat berkomunikasi dengan baik. untuk panduan lebih lanjut dapat di lihat disini 
  3. Jika terdapat SIP ALG enable, 3CX mengharuskan untuk dapat mendisablenya agar tidak ada permasalahan yang timbul saat melakukan konfigurasi. berikut penjelasan beberapa topologi konfigurasi berserta panduan singkat bagaimana mendisable SIP ALG pada beberapa router
  4. Versi 3CX yang di gunakan minimum V18
  5. Untuk dapat melakukan konfigurasi, pilih menu “SIP trunk” dan pilih “Add SIP Trunk”
  6. Pilih Negara : ID (Indonesia), Pilih Provider : VoipCall
  7. Masukkan DID yang telah di berikan oleh tim VoipCall kemudian Tekan OK.
  8. Pada menu “General” Pilih “Trunk Details” dan masukkan Nama Trunk : VoipCall kemudian Masukkan IP Address sip trunk yang sudah di berikan oleh tim VoipCall. Setelah anda melakukan pengisian credential tersebut Tekan tombol OK di bagian atas.

  • Arahkan Nomor DID anda pada menu Route call to ke nomor IVR          ataupun Nomor extension pada saat ada telepon masuk. 

route_to_cs

Membuat Routing keluar

Untuk dapat melakukan panggilan keluar, anda harus menambahkan routing dapat menu outbound rule agar telepon yang anda dial dapat di teruskan ke VoipCall. Agar dapat memahami proses outbound rules, anda dapat melihat referensi dan contohnya disini

Kesimpulan

Dengan kemudahan yang di tawarkan oleh sistem 3CX dan VoipCall anda sudah dapat melakukan konfigurasi dengan template yang sudah di sediakan dan sudah di test oleh Tim 3CX. Anda dapat menggunakan SIP trunk ini pada on Premises maupun On Cloud dengan sangat mudah.